Selasa, 05 April 2011

Ikaros, Pesawat Luar Angkasa Bertenaga Surya

Ikaros, Pesawat Luar Angkasa Bertenaga Surya. Jepang memang sudah terbukti menjadi negara yang mempunyai perkembangan tehnologi yang luar biasa. Bagaimana tidak sebentar lagi jepang akan meluncurkan kendaraan baru, sebuah pesawat luar angkasa dan hebatnya pesawat ini berbahan bakar tenaga surya atau menggunakan partikel sinar matahari.
Interplanetary Kite-craft Accelerated by Radiation of the Sun atau Ikaros, demikian nama kendaraan tersebut, dijadwalkan akan diterbangkan menggunakan roket dari pusat peluncuran pesawat luar angkasa Tanegashima di Jepang Selatan pada 18 Mei. Menurut Yuichi Tsuda (ahli sisitem luar angkasa Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) Ikaros merupakan “kapal pesiar” yang mendapatkan tenaga dari tekanan partikel matahari yang memantulkan layarnya.
ikaros pesawat luar angkasa jepang
Layar Ikaros yang fleksibel dan lebih tipis dari rambut manusia dilengkapi juga dengan lapisan film tipis sel surya yang menghasilkan listrik untuk menciptakan teknologi listrik dan tekanan hibrida.
“Layar matahari merupakan teknologi yang merealisasikan perjalanan luar angkasa tanpa bahan bakar, selama masih ada tenaga matahari. Ketersediaan listrik memungkinkan kita untuk ‘berlayar’ lebih jauh dan efektif dalam sistem surya,” terang Tsuda.
Ikaros yang menelan dana pengembangan hingga 1,5 miliar yen, akan menjadi yang pertama menggunakan teknologi di luar angkasa. Sebelumnya, eskperimen ini terganjal oleh bentuk layarnya yang tidak dapat dilipat saat memasuki orbit di sekitar Bumi.
Wowowoww sungguh luar biasa bukan? bagaimana tidak jika misi ini sukses orang awam bisa berekreasi ke luar angkasa, jadi bukan hanya astronot saja yang punya kesempatan. Mau? 
Kalau jepang sudah mampu menciptakan layang-layang seperti ikaros yang mampu terbang dengan “solar sails”, mungkin kita masih mampu menciptakan layang-layang yang bisa terbang dengan benang saja  tapi saya yakin suatu saat nanti indonesia pasti mampu. Yakin!!! so pasti
Oh ya berita terbaru tentang tehnologi, dalam hal ini hp bisa juga disimak tentang yang baru dirilis atau kalau sekedar hiburan ada juga tuh bagaimana julia roberts menjadi  versi majalah people.
Terakhir kita hanya bisa berharap mudah-mudahan misi jepang untuk menjadikan ikaros, pesawat luar angkasa bertenaga surya ini berhasil, sehingga kelak anak cucu kita juga bisa menikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Orangnya biasa- biasa aja ..