Sabtu, 19 Maret 2011

Dunia baru di Luar Galaxi

FREE photo hosting by Free Image Hosting, Image Sharing Made Easy, Foto Hosting Gratis
INILAH.COM, Jakarta- Untuk pertama kalinya, dunia baru telah ditemukan di luar galaksi kita, menurut para astronom.

Ilmuwan telah menemukan exoplanets di dalam Bima Sakti, dan kini jumlahnya telah mencapai 403 katalog sejak pertama kali ditemukan pada 1995. Yang terjauh letaknya berada sekitar 20.000 tahun cahaya.
Tapi Erin Mentuch dari Universitas Toronto, Kanada, membuat penemuan yang menelisik lebih jauh ke dalam luar angkasa.
Bintang-bintang telah meledak secara tidak beraturan dalam Bima Sakti kita sendiri, di Nebula Carina. Sekarang para ilmuwan telah menemukan bukti dari bintang-bintang baru yang membentuk sistem tata surya berjarak miliaran tahun cahaya
Mentuch menganalisi 88 galaksi terpencil menggunakan data dari Gemini Deep Survey. Cahaya itu dipancarkan ketika alam semesta berada sekitar tujuh sampai 10 miliar tahun lalu.
Galaksi terlalu terpencil untuk melihat sebuah bintang secara utuh, tetapi output cahayanya ditemukan pada dua puncak panjang gelombang yang berbeda.
Gelombang pendek kombinasi dari cahaya bintang galaksi, sementara yang lebih panjang berasal dari debu antarbintang yang menyala-nyala.
Namun, mahasiswi doktoral tersebut melihat adanya komponen ketiga yang samar diantara puncak. Cahaya misterius ini terlalu dingin untuk menghasilkan bintang-bintang, tapi terlalu hangat untuk menjadi debu.
Mentuch menyimpulkan itu kemungkinan besar disebabkan oleh cakram circumstellar yang merupakan pusaran awan debu dan gas, yang membentuk sistem tenaga surya baru di bintang yang baru terbentuk.
“Ini hasil yang paling mengejutkan yang pernah saya kerjakan,” ujar pembimbing doktoral Mentuch, Roberto Abraham, yang juga bekerja sama dalam proyek ini.
Penemuan dapat menunjukkan bagaimana perubahan tingkat pembentukan planet
selama miliaran tahun dan sebagai dunia baru di luar tata surya bumi.[ito]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Orangnya biasa- biasa aja ..